Selasa, 14 Mei 2013

Soal dan jawaban kimia sehari-hari



1.Bagaimana cara memasak makanan agar kita dapat menghemat bahan bakar?
= memasak dengan bahan masakan yg sekali banyak dari pada memasak dengan bahan masakan sedikit

2.Apa penyebab titik didih menjadi tinggi?
= Tekanan uap larutan menurun, sehingga perbedaan antara tekanan uap pelarut dan tekanan udara menjadi semakin besar. Akibatnya, dibutuhkan energi yg lebih besar utk mendidihkan pelarut

3.Mana yang lebih hemat, bahan bakar masakan dengan waktu yang lama atau sebentar?
= memasak dengan waktu sebentar,
waktu lebih hemat, bahan bakar pun tidak terlalu banyak digunakan

4.Jika merebus makanan ,manakah yang lebih cepat matang ,air yang di biarkan mendidih terlebih dahulu atau air dan bahan makanan di rebus bersamaan?
= air yg d rebus dahulu,krn merupakan zat pelarut murni maka lebih mudah mendidih

5.Pada musim dingin di negara-negara tertentu jalan-jalan tertutup salju dan mengganggu lalu lintas ,Bagaimana cara mengatasinya?
= cara mengatasinya dengan cara memberi atau menaburkan larutan garam

6.Bagaimana titik beku saljunya dapat menurun,sehingga dapat menurun temperatur 0
oC?
= mengunakan garam, karena garam dapat membuat salju memuai

7.Zat apakah yang dapat di tambahkan ke salju yang bias membuat mencair?mengapa alasannya?
=
menambahkan garam dapur/urea. Karena dengan ditambahkan zat-zat tersebut ke dlm salju, maka salju akan lebih cepat mencair akibat titik bekunya menurun

8.Pada kulit telur bagian dalam terdapat salaput permeable,apakah fungsinya ?dan perkirakan jika selaput tersebut tidak ada!
= permiabel berfungsi untuk menyaring cairan serts nutrisi yang larut dalam cairan akan masuk ke bagian dalam telur.
kalau tidak ada selaput permiabel maka nutrisi yang tidak diperlukan dan bersifat racun akan masuk begitu saja tanpa ada penyaringan terlebih dahulu

9.Bagaiamana hubungan antara tekanan uap larutan dengan kenaikan titik didih larutan dengan penurunan titik beku larutan?



10.Sekarang di pasaran banyak sekali di jual minuman ringan yang berlebel isotonik.mengapa di beri nama minuman isotonik?
= karena minuman isotonik itu memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tubuh kita

11.Apa bedanya dengan minuman jenis lainnya?
= bedanya adalah untuk mengantikan cairan tubuh kita yang hilang dengan cepat

12.Pernakah kalian meminumnya?Untuk apa tujuannya?
= pernah, untuk menghilakan dahaga

13.Carilah & buatlah contoh contoh lain penerapan sifat koligatif dalam kehidupan sehari-hari.Minimal 5 !
= Antibeku untuk Mencairkan Salju

Di daerah yang mempunyai musim salju, setiap hujan salju terjadi, jalanan dipenuhi es salju. Hal ini tentu saja membuat kendaraan sulit untuk melaju. Untuk mengatasinya, jalanan bersalju tersebut ditaburi campuran garam NaCL dan CaCl2. Penaburan garam tersebut dapat mencairkan salju. Semakin banyak garam yang ditaburkan, akan semakin banyak pula salju yang mencair.

   Pengawetan Makanan

Sebelum teknik pendinginan untuk mengawetkan makanan ditemukan, garam dapur digunakan untuk mengawetkan makanan. Garam dapat membunuh mikroba penyebab makanan busuk yang berada di permukaan makanan.

Membasmi Lintah

Garam dapur dapat membasmi hewan lunak, seperti lintah. Hal ini karena garam yang ditaburkan pada permukaan tubuh lintah mampu menyerap air yang ada dalam tubuh sehingga lintah akan kekurangan air dalam tubuhnya.

Membuat Campuran Pendingin

          Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0oC. Cairan pendingin digunakan pada pabrik es, juga digunakan untuk membuat es putar. Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.

          Pada pembuatan es putar cairan pendingin dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan kepingan es batu dalam sebuah bejana berlapis kayu. Pada pencampuran itu, es batu akan mencair sedangkan suhu campuran turun. Sementara itu, campuran bahan pembuat es putar dimasukkan dalam bejana lain yang terbuat dari bahan stainless steel. Bejana ini kemudian dimasukkan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerus diaduk sehingga campuran membeku.

Antibeku pada Radiator Mobil
Di daerah beriklim dingin, ke dalam air radiator biasanya ditambahkan etilen glikol. Di daerah beriklim dingin, air radiator mudah membeku. Jika keadaan ini dibiarkan, maka radiator kendaraan